Kamis, 09 Januari 2020

Haji Idak

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Gastroenterologi Hepatologi di Jakarta Selatan: Inilah Pantangan Bagi Penderita Maag yang Perlu Diperhatikan

Dokter

Penyakit maag atau gastritis merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Meskipun begitu, penyakit yang satu ini tak jarang dianggap remeh karena keluhannya bisa kadang-kadang muncul dan hilang dengan sendirinya. Padahal kondisi maag yang diabaikan begitu saja juga bisa mengakibatkan kondisi penyakit semakin parah dan bisa mengakibatkan komplikasi gangguan kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian. Maag atau gastritis merupakan peradangan pada asam lambung yang disebabkan karena pengeluaran asam lambung yang berlebih. Untuk kondisi maag yang akut, perlu mendapatkan penanganan dari dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi di Jakarta Selatan atau tempat lainnya.

Pada penderita maag kronis perlu menghindari beberapa makanan yang dapat memperparah kondisi, serta juga harus mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang dapat membantu memulihkan kondisi maag yang diderita. Bagi Anda yang sedang berusaha menyembuhkan atau memulihkan kondisi maag yang diderita, sebaiknya kurangi asupan beberapa makanan dan minuman berikut ini:

1.    Susu.
Meskipun susu sangat direkomendasikan untuk mengurangi asam lambung dan mengurangi rasa sakit, namun ternyata dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu bisa meningkatkan sekresi asam lambung dan perlu dihindari bagi penderita maag kronis.

2.    Alkohol.
Mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan lambung dan saluran pencernaan mengalami kerusakan, serta memperparah kondisi maag yang diderita.

3.    Kopi dan minuman ringan.
Minuman yang di pantang untuk penderita maag adalah kopi dan minuman ringan, termasuk juga kopi tanpa kafein sekalipun. Jenis minuman tersebut bisa meningkatkan produksi asam lambung dan membuat lapisan lambung mengalami iritasi.

4.    Makanan pedas dan berlemak.
Makanan pedas dan berlemak bisa memperparah maag yang diderita, sehingga sebaiknya Anda hindari. Namun dalam hal ini, paprika merupakan salah satu pengecualian.

5.    Makanan yang sulit dicerna.
Makanan yang sulit dicerna membuat lambung lebih lambat salam mencernanya sehingga asam yang dilepaskan juga lebih banyak. Untuk contoh makanan yang termasuk dalam kategori ini, seperti makanan berlemak, keju, dan kue tart.

6.    Makanan yang mengandung banyak gas.
Untuk makanan yang mengandung banyak gas dan harus dihindari oleh penderita maag, antara lain kol, sawi, nangka, kedondong, pisang Ambon, buah yang dikeringkan, dan minuman bersoda.

Penyakit maag umumnya akan menunjukkan beberapa gejala, seperti nyeri di ulu hati, mual, muntah, lemas, nafsu makan menurun, perut kembung dan merasa sesak, pucat, suhu badan naik, pusing, keluar keringat dingin, dan selalu bersendawa. Sedangkan jika maag yang diderita sudah kronis bisa menyebabkan gejala berupa muntah darah. Untuk penyakit maag kronis bisa dikarenakan oleh beberapa penyebab utama, antara lain bakteri helicobacter pylori (H. pylori), mengalami defisiensi vitamin B12, penggunaan obat-obatan yang menyebabkan masalah lambung atau bahkan pendarahan pada lambung, mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam dan pedas.

Selain menghindari berbagai makanan dan minuman yang di pantang, agar kondisi maag yang diderita semakin pulih juga harus disertai dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti makan secara teratur dan sering, berhenti merokok, mengkonsumsi suplemen, mengurangi stress, dll. Dengan menghindari makanan dan minuman yang di pantang dan melakukan pola hidup sehat, diharapkan maag kronis yang diderita bisa disembuhkan. Namun jika kondisi maag belum juga berangsur membaik, ada baiknya periksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi di Jakarta Selatan atau tempat lainnya.

Haji Idak

About Haji Idak -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :