Selasa, 05 November 2019

Haji Idak

Tingkatkan Penjualan, Simak SOP Untuk Sales Lapangan Disini

Sales Lapangan

Seorang tenaga penjualan atau sales, memiliki peran yang sangat penting dalam mendistribusikan suatu produk perusahaan. Hal ini karena tugas seorang sales lapangan pada dasarnya adalah, untuk memperkenalkan serta melakukan negosiasi penjualan barang. Menjadi seorang sales memang memerlukan kemampuan khusus, oleh karena itu hendaknya sales pun perlu mencapai standard operasional yang ada. Lantas apa itu SOP untuk sales lapangan ?
 

Standard Operasional Sales Lapangan

1. Mengumpulkan Informasi Produk Pesaing
Informasi yang dibutuhkan oleh sales adalah, sebuah informasi produk pesaing. Hal ini dilakukan agar menjadi masukan bagi perusahaan, apabila produk pesaing telah memiliki penjualan yang lebih tinggi. Beberapa hal yang perlu diketahui merupakan model produk, corak, harga, hingga warna produk pesaing. 
 
Penting bagi seorang sales untuk mengetahui, apa yang membuat produk pesaing tersebut banyak diminati oleh masyarakat. Melalui informasi tersebut pun seorang sales dapat lebih lihai dalam mencari keunggulan produk mereka sendiri, yang tidak ditawarkan oleh produk lainnya atau produk pesaing. 
 
2. Mengamati Apa yang Dilakukan Pesaing Produk yang Sama
Apabila dua buah toko berdampingan menawarkan sebuah minuman, toko satu menawarkan minuman buah yang satu lagi minuman herbal. Tentu target pasar sedikit memiliki perbedaan, informasi yang diambil sales pun hanya berupa bentuk kemasan serta manfaat yang diberikan. Namun apa jadinya jika kedua toko tersebut menawarkan produk yang sama ? Hal inilah yang menjadi tantangan para sales lapangan.
 
Apa itu SOP bagi sales yang menemukan pesaing dengan produk yang sama ? Ketika dua perusahan menawarkan produk yang serupa, seorang sales perlu mengumpulkan beberapa informasi. Informasi yang diambil ini, untuk mengantisipasi adanya even yang diadakan oleh pesaing. Seorang sales dapat mengambil informasi seperti diskon dan harga yang diberikan oleh pesaing. 
 
3. Mengamati Kekuatan Produk
Sebagai seorang sales, tentu wajib hukumnya untuk mengetahui seluk beluk dari produk yang dijual. Sudah pasti customer tidak akan membeli sebuah produk, dimana penjualnya saja tidak mengerti produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, seorang sales memiliki tugas untuk mengetahui apa saja keuntungan dari produk tersebut. 
 
Seorang sales juga perlu memperhatikan beberapa informasi yang didapatkan mengenai produk pesaing, lalu membandingkannya dengan produk sendiri. Setelah mengetahui keunggulan dari produk milik perusahaan, maka sales dapat secara percaya diri untuk mempromosikan produk tersebut. Ketika seorang sales secara percaya diri dan sangat yakin mengemukakan keunggulan produk, hal tersebut bisa menarik kepercayaan pelanggan.
 
4. Melakukan Pengembangan Pasar
Dalam melakukan promosi, sebaiknya seorang sales tidak hanya menjual di satu tempat saja. Lantas sepenting apa itu SOP pengembangan pasar ? Melakukan expansi penjualan dapat memberikan penigkatkan penjualan produk. Expansi ini dapat berupa membuka gerai yang baru di beberapa tempat strategi, yang minim pesaing dan memiliki target pasar yang cukup tinggi. 
 
Perusaan juga dapat menggunakan toko lama, dan merubahnya menjadi tempat pemasaran produk perusahaan. Ketika perusahaan membuka gerai yang baru, tentu seorang sales pun harus dikirim untuk bertanggung jawab atas gerai tersebut. Sales yang bertugas pada sebuah gerai yang baru perlu pintar dalam beradaptasi, serta mengetahui informasi masyarakat sekitar. 
 
5. Menjaga Nama Baik Perusahaan
Sepenting apa itu SOP penjagaan nama baik  ? Sebagai seorang sales, terkadang mereka harus melakukan promosi dari rumah ke rumah, atau dari satu tempat ke tempat yang lain. Dimanapun sales lapangan bekerja, mereka pun juga membawa nama perusahaan. Oleh karena itu ada baiknya seorang sales lapangan memiliki daya bicara yang sopan, dan terus berkelakuan baik agar tidak menurunkan image perusahaan. 
 
Dalam sebuah penjualan, sales lapangan adalah salah satu peran penting yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini karena sales lapangan secara langsung mempromosikan, atau memperkenalkan produk perusahaan kepada masyarakat. Namun seorang sales tentu tidak bisa mempromosikan produk secara asal, setiap sales lapangan perlu bekerja sesuai dengan ketentuan SOP yang ada. 

Haji Idak

About Haji Idak -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :