Minggu, 26 Mei 2019

Haji Idak

Waspadai 4 Penyakit Menular Seksual dan Gejalanya

Penyakit kelamin atau biasa disebut sebagai Penyakit Menular Seksual (PMS) merupakan penyakit yang ditularkan dari hubungan seksual. Sebenarnya banyak penyakit ini, baik yang sudah diketahui hingga yang asing. Tingkat keparahan PMS pun berbeda-beda. Berikut penjelasan beberapa PMS dan gejalanya.  

Pria Wanita
 
1. Klamidia (Chlamydia)
Penyakit ini juga dikenal sebagai infeksi klamidia. Penyebabnya yakni Chlamydia trachomatis, bakteri yang menginfeksi manusia secara eksklusif. Penyakit ini sudah menyerang hampir 3 persen anak perempuan berusia 15-19 tahun di 2015. Gejala dari penyakit ini di antaranya yaitu: 
 
•    Cystitis (peradangan kandung kemih)
•    Perubahan cairan vagina
•    Nyeri perut bawah ringan

Jika penyakit ini tidak ditangani, bisa menyebabkan tanda dan gejala berikut:
•    Nyeri sekitar panggul
•    Hubungan seksual yang menyakitkan
•    Perdarahan antara periode menstruasi 
 
2. Chancroid
PMS selanjutnya yakni Chancroid atau ulcus molle. Penyebab dari penyakit ini juga infeksi bakteri yang disebabkan Streptobacillus Gramofilus Ducreyi gram negatif yang ditandai luka menyakitkan di sekitar alat kelamin. Kemudian akan menyebar jika terdapat kontak seksual. 
 
Penyakit ini memiliki tingkat infeksi yang rendah di negara-negara kaya, lebih umum di negara-negara berkembang yang banyak terdapat Pekerja Seks Komersia (PSK) dan beberapa kelompok ekonomi rendah. Selain itu, layanan kesehatan yang masih sedikit, stigma yang melekat pada kurangnya kesadaran kesehatan seksual dan faktor lainnya. 
 
3. Kutu Kemaluan
Penyakit ini juga menular dari adanya kontak seksual dengan gaya seks apa saja. Kutu menempel pada rambut kemaluan, dan mungkin juga kadang-kadang ditemukan di ketiak, kumis, janggut, bulu mata, dan alis. Serangga berukuran kecil ini menghisap darah manusia. Istilah umum “kepiting” berasal dari penampilan kutu yang memiliki cakar seperti kepiting. 
 
4. Herpes Genital
Penyakit yang berbahaya selanjutnya yakni Herpes Genital. Penyebabnya yakni virus gerpes simplex (HSV). Virus ini bisa menular dan menyerang leher rahim, alat kelamin, dan bagian area vital lainnya. Virus ini ada dua jenis yakni HSVp1, juga dikenal sebagai herpes tipe 1 dan HSV-2, juga dikenal sebagai herpes tipe 2. 
 
Penyakit HSV sangat cepat menular dari manusia ke manusia melalui kontak langsung. Penularan yang paling sering untuk tipe 2 HSV yakni melalui seks oral, vaginal, atau anal. Sedangkan untuk HSV tipe 1 lebih sering melalui mulut. Banyak kasus yang memperlihatkan tidak ada gejala apa saja setelah virus memasuki tubuh manusia. 
 
Ciri-ciri dan gejala yang terkait HSV, antara lain:
•    Lecet dan kudis pada serviks
•    Keputihan
•    Sakit saat buang air kecil
•    Demam
•    Umumnya merasa tidak sehat (malaise)
•    Luka dingin di sekitar mulut, untuk tipe 1 HSV 
 
Penyakit Menular Seksual (PMS) memang bukan termasuk penyakit biasa. Anda harus mewaspadai dan menghindari semua hal yang menjadi penyebabnya. Selain mudah menular, penyakit-penyakit di atas juga sulit disembuhkan. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang kesehatan seksual di Orami Magazine dengan membuka orami.co.id.

Haji Idak

About Haji Idak -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :